Debt Ratio: Pengertian, Cara Menghitung, dan Faktor yang Mempengaruhinya

Debt Ratio: Pengertian, Cara Menghitung, dan Faktor yang Mempengaruhinya

Sudah pernah mendengar tentang debt ratio/rasio hutang? Dalam dunia corporate finance rasio hutang dikenal sebagai sebuah tolak ukur dalam rangka mengetahui kemampuan finansial sebuah perusahaan yang diukur berdasarkan seberapa besar perusahaan tersebut bertumpu pada utang untuk membiayai kebutuhan operasional dan aset perusahaan.

Apa Itu Debt Ratio/Rasio Hutang?

Istilah rasio hutang mengacu pada rasio keuangan yang mengukur sejauh mana leverage perusahaan. Rasio utang didefinisikan sebagai rasio total utang terhadap total aset, dinyatakan sebagai desimal atau persentase. Dapat diartikan sebagai proporsi kekayaan perusahaan yang dibiayai oleh hutang.

Rasio yang lebih besar dari 1 menunjukkan bahwa sebagian besar aset perusahaan dibiayai oleh hutang, yang berarti perusahaan memiliki lebih banyak liabilitas daripada aset. Rasio yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan mungkin berisiko gagal membayar pinjamannya jika suku bunga tiba-tiba naik. Rasio di bawah 1 berarti sebagian besar aset perusahaan didanai oleh ekuitas.[1]

Bagaimana Cara Menghitung Debt Ratio/Rasio Hutang?

Seperti disebutkan di atas, rasio utang perusahaan adalah ukuran sejauh mana leverage keuangannya. Rasio ini sangat bervariasi di seluruh industri. Bisnis padat modal, seperti utilitas dan saluran pipa cenderung memiliki rasio hutang yang jauh lebih tinggi daripada yang lain seperti sektor teknologi. Rumus untuk menghitung rasio hutang perusahaan adalah sebagai berikut:
Screenshot-2023-01-02-at-14-33-10

Contoh kasus jika sebuah perusahaan memiliki total aset $100 juta dan total hutang $30 juta, rasio hutangnya adalah 0,3 atau 30%. Apakah perusahaan ini berada dalam situasi keuangan yang lebih baik daripada perusahaan dengan rasio hutang 40%? Jawabannya tergantung pada industrinya.

Rasio hutang 30% mungkin terlalu tinggi untuk industri dengan arus kas yang berfluktuasi, di mana sebagian besar bisnis memiliki sedikit utang. Sebuah perusahaan dengan rasio hutang yang relatif tinggi, maka akan sulit untuk meminjam dan mungkin mengalami krisis jika keadaan berubah. Sebaliknya, tingkat utang sebesar 40% mungkin dapat dikelola dengan mudah untuk perusahaan di sektor-sektor seperti utilitas, di mana arus kas yang stabil dan rasio utang yang lebih tinggi adalah patokannya.

Rasio hutang yang lebih besar dari 1,0 (100%) memberi tahu Anda bahwa perusahaan memiliki lebih banyak hutang daripada aset. Sementara itu, debt ratio yang kurang dari 100% menunjukkan bahwa perusahaan memiliki lebih banyak aset daripada hutang. Hal itu dapat digunakan sebagai ukuran kesehatan keuangan lainnya, rasio utang dapat membantu investor menentukan tingkat risiko perusahaan.

Baca juga: Internal Rate of Return (IRR): Pengertian dan Contohnya

Bagaimana Debt Ratio/Rasio Hutang yang Baik?

Hal yang menyebabkan rasio hutang dianggap baik akan bergantung pada sifat bisnis dan industrinya. Secara umum, rasio hutang terhadap ekuitas atau rasio hutang terhadap aset di bawah 1,0 dianggap relatif aman, sedangkan rasio 2,0 atau lebih tinggi dianggap berisiko.

Beberapa industri seperti perbankan diketahui memiliki rasio utang terhadap ekuitas yang jauh lebih tinggi daripada yang lain. Bagaimana dengan perusahaan teknologi? Untuk tahun fiskal yang berakhir pada 31 Desember 2021, META sebelumnya Facebook, melaporkan total hutang adalah $14,45 miliar dan total aset berjumlah $170,0 miliar.

Dengan menggunakan angka-angka ini, rasio hutang META dapat dihitung sebagai ($14,45 miliar) ÷ $170 miliar = 0,085, atau 8,5%. Perusahaan tidak meminjam dari pasar obligasi korporasi. META Memiliki waktu yang cukup mudah untuk mengumpulkan modal melalui saham.[2]

Penutup

Demikian informasi tentang rasio hutang dalam perusahaan. Rasio hutang dapat dijadikan tolak ukur bagaimana investor dapat menilai kondisi finansial perusahaan Anda. Untuk mempermudah anda dalam menghitung rasio hutang perusahaan anda dapat lakukan konsultasi dengan perusahaan financial advisory seperti Fidelitas Advisors dan perusahaan lainnya.

Referensi:
1. ^ Simulasi Kredit. Apa Itu Debt Ratio?
2. ^ Investopedia. "What Is the Debt Ratio?".

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *