5 Contoh Bisnis Keluarga Sukses di Indonesia yang Patut Ditiru

5 Contoh Bisnis Keluarga Sukses di Indonesia yang Patut Ditiru

Seperti yang kita ketahui indonesia merupakan negara yang besar, memiliki sumber daya yang melimpah baik itu dari sektor SDM atau SDA. Selain itu bisnis juga menjadi satu entitas yang tidak diragukan lagi memiliki andil besar dalam perkembangan ekonomi negara ini.

Salah satu bisnis yang berkembang di indonesia adalah bisnis keluarga. Bisnis ini mewakili nilai-nilai keaslian, tradisi, dan kualitas. Kehormatan yang dibangun demikian bisa turun temurun dan bermanfaat bagi banyak orang. Tetapi bahkan bisnis keluarga menghadapi perjalanan yang penuh pasang surut sebelum mereka dapat berkembang.

Hanya sedikit dari mereka yang selamat untuk bergabung dalam jajaran keluarga kaya Indonesia. Berikut 5 contoh bisnis keluarga yang tumbuh menjadi raksasa dan hidup lama di Indonesia.

Group Bakrie

Nama ini pasti paling banyak terdengar di Indonesia. Grup Bakrie didirikan pada tahun 1942 oleh Achmad Bakrie. Perusahaan beroperasi di banyak sektor termasuk pertambangan, minyak dan gas, real estate, infrastruktur, media dan telekomunikasi.

Grup Bakrie adalah salah satu grup perusahaan terbesar di Indonesia dengan 10 anak perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Grup Bakrie saat ini dikelola oleh Nirwan D. Bakrie (Chairman) dan Indra U. Bakrie (Wakil Ketua). Dengan Grup Bakrie yang memiliki berbagai perusahaan, tak heran jika keluarga Bakrie menjadi salah satu konglomerat tersukses di Indonesia.

PT HM Sampoerna

PT HM Sampoerna adalah perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1913 oleh Liem Seeng Tee dan istrinya Siem Tjian Nio. Liem Seeng Tee lahir di Cina dalam keluarga miskin, setelah itu ayahnya mengajaknya pindah ke Indonesia. Di masa mudanya, ia bekerja sebagai pekerja restoran di Surabaya sebelum mendapat kesempatan bekerja di Pabrik Rokok Lamongan.

Sejak saat itu, Liem memutuskan untuk memulai bisnis sendiri bersama keluarganya. Perjalanan bisnis ini tentu bukan tanpa kendala. Namun, bisnis Liemi terus berkembang. Saat ini kepemilikan HM Sampoerna sudah mencapai generasi ketiga dan berada di tangan Putera Sampoerna, cucu dari Liem Seeng Tee. Majalah Forbes menyatakan dalam laporannya bahwa Putera Sampoerna termasuk dalam 50 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2020, dengan kekayaan gabungan sebesar $1,8 miliar atau sekitar 26 triliun rupiah.

Baca juga: Masalah Generasi Penerus Pada Bisnis Keluarga

PT Indofood Sukses Makmur

Siapa yang tidak mengenal produk pasta instan Indomie? Kelezatan mie instan Indomie bisa dirasakan masyarakat Indonesia berkat perusahaan ini. PT Indofood Sukses Makmur yang didirikan oleh Soedono Salim selaku pemilik Salim Group berdiri pada tahun 1990.

Selama perjalanan kerjanya, Soedono Salim memiliki banyak usaha. Namun, sebagian harus dijual untuk mempertahankan dua perusahaan besar mereka, Indofood dan Bogasar. Saat ini pemilik PT Indofood Sukses Makmur adalah Anthony Salim, anak dari Soedono Salim.

PT Djarum

Selain Sampoerna, ada pula perusahaan tembakau PT Djarum yang didirikan pada 1951 oleh Oei Wie Gwan. Perusahaan milik keluarga Hartono ini berhasil menjadikan keluarga Hartono sebagai keluarga yang kaya dan sukses, yang ditekankan oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan, majalah Forbes menobatkan Budi Hartono, pemilik PT Djarum, sebagai orang terkaya di Indonesia. Rupanya, keputusan ayah Budi Hartono membeli perusahaan tembakau Kudus yang nyaris bangkrut itu benar-benar membuahkan hasil.

Ciputra Group

PT Ciputra Property merupakan perusahaan yang didirikan oleh Ir. Ciputra atau Tjie Tjin Hoan pada tanggal 22 Desember 1994 di Jakarta. Awalnya perusahaan ini bernama PT Citraland Property, namun kemudian berganti nama menjadi PT Ciputra Property pada 5 Maret 1997.

Ciputra Group bermula sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang properti komersial. Portofolio perusahaan ini banyak menyangkut hajat hidup orang banyak seperti penyediaan keamanan hingga penjaga taman. Saat ini, PT Ciputra Property Tbk dipimpin oleh Candra Ciputra sebagai Direktur Utama.[1]

Membangun bisnis keluarga bukanlah hal yang mudah, perusahaan tersebut berkebang besar karena tekad yang kuat dari keluarga dan cita-cita besar yang dipegang teguh oleh para pengelolanya.

For any inquiries regarding your company's need

Call us at (021) 29333747
Email your enquiry to executive.assistant@fidelitas.co.id
or Register for your inquiries below:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *