Green Sustainability dalam Corporate Social Responsibility (CSR)

Green Sustainability dalam Corporate Social Responsibility (CSR)

Konsep Green Sustainability mampu meningkatkan kualitas hidup dan bisa melindungi ekosistem masyarakat. Perlu Anda ketahui, Green dan Sustainability merupakan dua kata yang memiliki makna berbeda. Penerapan konsep ini juga ada dalam CSR.

Corporate Social Responsibility atau CSR merupakan aspek penting yang mendukung keberlangsungan perusahaan. Lalu bagaimana konsep Green and Sustainability dalam CSR? Supaya semakin jelas dan terperinci, silahkan pahami uraian berikut!

Apa Itu Sustainability dalam CSR?

Sustainability atau keberlanjutan muncul akibat kekhawatiran terhadap kelestarian alam. Mulai dari udara, tanah, sumber energi alami, air, hingga flora dan fauna yang menjadi korban pembangunan.

Memang di satu sisi, gaya hidup dan kesejahteraan manusia terus meninggi dan semakin berkualitas. Sayangnya di sisi lain, udara sampai air bersih, ruang terbuka, dan kesuburan tanah terus menyempit. Bahkan, keanekaragaman hayati juga terkikis dan semakin langka.

Dari kasus ini menandakan bumi serta habitat kehidupan mengalami permasalahan. Maka disini, bukan hanya negara yang mengusung pembangunan.

Namun perusahaan sebagai aktor yang melahirkan banyak dampak sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, hingga politik. Dampak tersebut bisa negatif maupun positif.

Memaksimalkan dampak positif dalam bidang sosial, ekonomi, serta lingkungan bisa mengurangi dampak negatif yang dihasilkan. Proses ini harus menjadi agenda seluruh pihak, sebab yang akan diselamatkan oleh pembangunan berkelanjutan yakni habitat.

Keberlangsungan kehidupan yang berkualitas sangat tergantung pada kualitas dan cadangan tanah serta ekosistem yang lain. Baik itu udara, kebersihan air, hingga menyadari bahwa bumi bukan milik Anda seutuhnya, dan sebenarnya manusia itu meminjam bumi dari generasi mendatang.[1]

Sementara itu perbedaan sustainability dan CSR yakni CSR termasuk ide penting tentang cara perusahaan melaksanakan sumbangsih untuk keberlangsungan habitat. Harapannya agar tercapai tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainability) sebagai berikut.

  1. Secara Ekonomi
    Berkontribusi terhadap upaya penghapusan tingkat kemiskinan serta membuka lapangan kerja yang baik.
  2. Secara Sosial
    Berkontribusi terhadap inovasi infrastruktur yang baik, kesetaraan gender, serta membangun pemukiman, kota yang dilakukan secara berkelanjutan.
  3. Secara Lingkungan
    Berkontribusi terhadap penanganan karena dampak konservasi, perubahan iklim, pelestarian sumber daya alam, sampai pola-pola kehidupan ramah lingkungan.[2]

Baca juga: Munculnya Investasi ESG dalam Investment Banking

Bagaimana Hubungan CSR dengan Keberlanjutan Perusahaan?

Kegiatan CSR fokus kepada transparansi tanggung jawab perusahaan terhadap beberapa pihak yang berkepentingan. Kegiatan ini akan disusun dan dibukukan menjadi laporan CSR.

Tujuan CSR yang dihasilkan bisa membawa perusahaan mendapatkan citra yang baik dalam mendukung keberlanjutan perusahaan di masa yang akan datang. Sebenarnya tujuan utama program ini tentang reputasi positif perusahaan.

Alasannya, karena program Green and Sustainability yang sukses mampu memberikan reputasi terbaik untuk perusahaan. Hadirnya reputasi yang bagus tentu membawa perusahaan mendapatkan kesempatan bisnis lebih luas.

Bukan hanya itu, perusahaan bisa menerima kemudahan serta kelancaran dalam banyak keperluan. Hadirnya program Sustainability ini dapat membawa perusahaan memiliki jalinan relasi bagus dengan stakeholder.

Dampak positifnya, akan banyak keuntungan sekarang atau di masa yang akan datang yang diterima perusahaan. Perusahaan yang turut berpartisipasi aktif dalam program pengembangan masyarakat bisa menjaga profit agar stabil bahkan semakin meningkat.[3]

Konsep dan Keberlanjutan CSR

John Elkington dalam buku berjudul Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business menjelaskan. “Ada tiga konsep dalam CSR yang menekankan keberlanjutan” yakni:

  1. Profit yaitu tanggung jawab perusahaan terhadap Shareholder.
  2. Planet yaitu tanggung jawab perusahaan terhadap keberlanjutan daya dukung alam.
  3. People yaitu tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder.[4]

Demikian informasi tentang Green and Sustainability dalam CSR. Semoga bermanfaat!

For any inquiries regarding your company's need

Call us at (021) 29333747
Email your enquiry to executive.assistant@fidelitas.co.id
or Register for your inquiries below:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *