Strategi Penggajian Perusahaan Keluarga yang Efektif

Strategi Penggajian Perusahaan Keluarga yang Efektif

“Family matters are not court politics. It can’t be as clear as black and white” yang artinya konflik dalam keluarga tidak seharusnya dicecar secara gamblang. Hanya saja, aturan tersebut tidak berlaku jika sudah berbicara tentang sistem penggajian perusahaan keluarga.

Masalah remunerasi dalam manajemen bisnis keluarga bisa sangat menjebak, bahkan terbilang cukup pelik untuk dibicarakan. Bagi Anda yang tengah dipusingkan dengan bagaimana cara untuk bersikap adil dan profesional dalam masalah tersebut, mari cari tahu jawabannya di bawah ini.

Penggajian Perusahaan Keluarga

Mengelola sebuah bisnis membutuhkan profesionalitas, termasuk saat mengatur sistem remunerasi pegawai, baik untuk pegawai bukan keluarga maupun pegawai dari kalangan keluarga. Sayangnya, banyak dari pemilik bisnis keluarga seringkali berlaku diskriminatif saat menerapkan penggajian kepada sanak saudara mereka. Misalnya dengan memberikan gaji yang terlalu besar atau di bawah standar gaji yang seharusnya.

1. Overcompensating

Konsekuensi dari memilih rute ini adalah anggota keluarga Anda tidak akan bisa mandiri, merasa paling berkuasa dan semena-mena, bahkan bisa menyebabkan mereka kehilangan kepercayaan diri karena terjadi ketimpangan antara tanggung jawab dan ekspektasi prestasi kerja.[1]

2. Undercompensating

Lain halnya dengan overcompensating, memberi imbalan di bawah standar atas jasa kinerja keluarga di bisnis keluarga, bisa memperburuk konflik keluarga. Tak hanya itu, hal tersebut juga dapat mencederai emosi para generasi muda dalam keluarga karena merasa tidak dihargai.

Ada banyak contoh kasus para petinggi perusahaan keluarga memilih untuk memberikan upah minimum bagi anaknya dengan dalih untuk melatih sifat hemat. Namun sayangnya, tindakan ini dirasa kurang tepat. Dari perbandingan konsekuensi terhadap anggota keluarga yang telah disebutkan di atas, perlakuan diskriminatif dalam sistem penggajian perusahaan keluarga juga bisa berdampak pada pegawai bukan keluarga.

Dampak yang paling dirasakan biasanya terlihat pada lingkungan kerja, promosi kepegawaian, serta tentang mutual respect and understanding di antara pekerja. Hal tersebut seperti halnya yang dijelaskan dalam Total Rewards Solution yakni tindakan demikian dapat mengganggu keseimbangan dalam perusahaan keluarga serta menyebabkan ekspektasi gaji yang tidak realistis bagi pekerja bukan keluarga.[2]

Baca juga: 4 Problem Bisnis Keluarga yang Sering Terjadi

Strategi Penggajian Perusahaan Keluarga

Jangan pernah mencampur adukkan urusan bisnis dengan keluarga. Karena hal tersebut bisa mengganggu lingkungan kerja yang sehat hingga mampu merusak skema penggajian anggota keluarga. Selanjutnya, mari simak apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam merancang kebijakan sistem penggajian perusahaan keluarga yang tepat guna.

  1. Ikuti aturan umum bahwa mempekerjakan anggota keluarga setara dengan mempekerjakan orang lain. Jadi, nominal gaji yang diberikan pada anggota keluarga harus sesuai dengan sistem gaji yang sudah diatur oleh pemerintah.[3]
  2. Hindari membuat janji untuk memberikan remunerasi besar pada anggota keluarga atau membayar mereka terlalu rendah.
  3. Buat aturan baku untuk sistem pembagian bonus, insentif dan segala sesuatu yang sesuai dengan benefit kerja.
  4. Jumlah remunerasi harus dibagi secara adil dan objektif di antara para pegawai. Hal ini ditujukan supaya tidak ada kesenjangan antara pegawai biasa dan anggota keluarga.
  5. Bisnis keluarga yang seringkali bersifat eksklusif dan bisa diibaratkan sebagai benteng tangguh dengan potensi efek entrenchment,[4] masih bisa Anda kendalikan dengan membagikan saham kepemilikan kepada anggota keluarga.

Itulah pembahasan seputar sistem penggajian perusahaan keluarga. Bagi Anda yang ingin belajar lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat keputusan yang tepat untuk perusahaan keluarga Anda, Legacy siap untuk membantu Anda.

Kami merupakan sebuah lembaga konsultasi bisnis keluarga yang berperan untuk membantu memberikan saran-saran terbaik untuk keberlangsungan bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi konsultan kami disini.

For any inquiries regarding your company's need

Call us at (021) 29333747
Email your enquiry to executive.assistant@fidelitas.co.id
or Register for your inquiries below:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *